Menulis Semudah Bercerita

Agustus 24, 2009 § 1 Komentar

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang sahabat lama ketika menjaga stand Aksara Unit Literasi di Salman. Ia mengeluh karena sulit sekali menulis. Baru satu kalimat ia tulis ia merasa bukan itu yang ingin ditulis. Karena itu, ia delet kembali apa yang sudah ia tulis. Permasalahan ini seringkali dihadapi oleh orang yang baru menulis.

Sebenarnya menulis itu mudah bila kita bercerita. Coba perhatikan diri kita ketika ngobrol tentang suatu hal. Kita lancar bercerita. Saat ini pun bila saya ajak tentu anda akan mudah bercerita tentang suatu hal. Obrolan tersebut bisa obrolan ringan atau obrolan serius. Mungkin itu perjalanan anda ke kampus atau tentang puasa yang sedang anda jalani.

Nah sekarang tinggal kita pindahkan saja obrolan kita dalam bentuk tulisan. Jangan anda ragu menuliskan ide anda walau mungkin anda berpikir apa yang akan ditulis adalah bagian penutup dari tulisan. Malah anda tidak perlu takut bila anda harus menangis atau memaki dalam tulisan tersebut. Yang penting tumpahkan semua yang ingin anda sampaikan.

Lalu apakah kita akan tampilkan tulisan amburadul tersebut? Tentu tidak. Tetap saja harus melalui proses editing. Hanya saja proses editingnya kita tunda setelah kita selesai “bercerita”.

Ada hal yang perlu diperhatikan. Sebaiknya editing tidak dilakukan segera setelah tulisan selesai. Biasanya kita merasa sayang terhadap hasil kerja kita sehingga ada bagian yang harus kita buang tapi kita merasa bagian tersebut sudah bagus padahal tidak nyambung. Bisa juga untuk meredakan emosi kita yang sedang meledak-ledak. Mungkin anda suatu ketika menulis protes anda kepada sebuah rumah sakit. Setelah emosi kita reda mungkin kita akan berpikir ulang untuk menerbitkan tulisan tersebut atau membuang bagian-bagian yang sensitif.

Selamat mencoba!

§ One Response to Menulis Semudah Bercerita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Menulis Semudah Bercerita at إرفان حبيبي.

meta

%d blogger menyukai ini: